Home » » Cara Mudah Memendekkan Atau Memanjangkan Durasi Waktu Sebuah Hasil Rekaman Menggunakan Nuendo 4

Cara Mudah Memendekkan Atau Memanjangkan Durasi Waktu Sebuah Hasil Rekaman Menggunakan Nuendo 4

Written By sanggarsejarah on Senin, 01 Juli 2013 | 01.41



CARA MUDAH MEMENDEKKAN ATAU MEMNJANGKAN DURASI WAKTU SEBUAH HASIL REKAMAN MENGGUNAKAN NUENDO 4

   Mungkin cara ini sudah terlalu jadul dan stereotip dikalangan para master rekaman, tapi saya akan memberikan gratis bagi teman-teman yang belum mengetahui bahwa; sebuah hasil rekamanmu yang kamu anggap kurang tepat durasi timenya bisa dengan mudah dibenahi terutama menggunakan nuendo.

   Teman-teman yang mempunyai softwere cubase dan nuendo dengan seri apapun tidak perlu khawatir karena cara ini juga berlaku untuk kedua aplikasi recording tersebut. Hanya saja disini saya menggunakan Nuendo 4 sesuai dengan kebutuhan yang saya gunakan. 

Biklah, langsung saja kita menuju langkah-langkahnya.

1.     Buka Nuendo



2.     Buka prioject baru, caranya klik file -> new project -> empty -> ok.

3.   Dari langkah nomor dua di atas akan muncul sebuah kolom select directory. Buat folder untuk mengkhususkan file yang akan tersimpan ke dalam komputer kamu, caranya klik create dan akan muncul kolom select/create new directory. Berilah nama dan klik ok di setiap kolom-kolom yang muncul tadi. 


4.     Akan muncul project baru, klik kanan pada penggaris di bagian atas project tersebut, pilih timecode. Perhatikan angka-angka di dalam kolom merah pada kedua gambar di bawah ini.

      a.
 
    b.






5.    Drag hasil rekaman yang kamu punya di komputermu ke dalam project tersebut, akan muncul seperti gambar di bawah ini. Dapat kita ketahui jenis rekaman audio dapat berupa mp3, wave, dan lain-lain.




6.    Geser hasil rekamanmu yang sudah masuk ke kiri hingga mencapai bagian “0” pada penggaris project. Lihat gambar berikut.



7.  Tekan “H” untuk memperbesar tampilan projectnya dan “G” untuk memperkecil. Perlebar procetnya sesuai dengan kebutuhanmu dengan mengklik simbol “+” di kanan bawah project. Lihat gambar di bawah ini.

















 8.     Klik object selection, pilih sizing Applies Time Stretch. 







   9.     Langkah nomor sembilan ini adalah bagian inti dari semua langkah-langkah yang ada. Langkah ini sangat menentukan baik atau buruknya hasilmu nanti. Tapi jangan takut, klik hasil rekamanmu pada ujung kanan atas ataupun bawah hasil rekamanmu tersebut, silahkan geser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan time yang kamu butuhkan. Bereksplorasilah, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera.  Lihat gambar.


      
             













 Putar atau "play" rekamanmu itu berulang-ulang agar hasilnya maksimal, curigai setiap feelingmu dalam menentukan time yang kamu inginkan hingga benar-benar "mantap". Untuk memutar hasil pekerjaanmu tekanlah spasi untuk memulai atau mengakhiriny.

 
10. Jika dirasa sudah cukup, tekan tanda segitiga putih pada penggaris. Tarik hingga wilayah biru menutupi seluruh hasil pekerjanmu tersebut. Ingat! Warna biru, bukan merah. Usahakan layar biru tersebut nge-press dengan gambar rekamanmu. Ini berguna untuk menghindari space atau ruang kosong berlebih pada hasilnya nanti. Lihat gambar ini.




 Layar biru harus penuh, jangan sampai berlebih atau bahkan kurang!


















11. Untuk mengconvert; pilih menu File ->  export -> audio mixdown. Akan muncul kolom ini.




12.   Sertakan nama file barumu, pilih juga file format, pilih wave file atau MPEG 1 Layer 3 File. Jangan lupa berikan path atau tempat folder dimana kamu akan menyimpan filenya, tekan choose di kolom tersebut untuk menampilkan foldernya. Seperti gambar di atas.

13.   Tekan export, tunggu hingga proses rendering selesai. Finish!


       Penjelasan di atas memang terkesan “ribet”, tapi usahakan terbiasa dengan langkah-langkah seperti ini, dipastikan teman-teman akan mengetahui lebih banyak penggunaan Nuendo untuk kebutuhan bermusikmu. Terima kasih, salam musik. Dibawah ini adalah contoh lagu yang saya buat, silahkan download, review dan beri komentar ataupun masukan. :-)

Share this article :

Follow this Blog



 
Support : Daniar Murdi(kotoran om dan)
Copyright © 2013. Menara Hitam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Menara Hitam
Proudly powered by Blogger