Home » » Mengatur Track rekaman DI Nuendo 4 Agar Stereo (Tutorial Untuk Pemula)

Mengatur Track rekaman DI Nuendo 4 Agar Stereo (Tutorial Untuk Pemula)

Written By sanggarsejarah on Senin, 01 Juli 2013 | 01.24


MENGATUR TRACK REKAMAN DI NUENDO 4 AGAR STEREO  
(Tutorial Untuk Pemula)

  Lagu yang kita dengarkan sehari-hari merupakan hasil “otak-atik” seorang pemixing dan pemastering, juga hasil dari olahan yang kompleks. Lagu sebagus apapun yang dibuat oleh musisi tidak akan terdokumentasi secara ideal tanpa bantuan pemixing / pemastering. Kata lainya adalah; musik yang bagus merupakan musik yang teduh didengar oleh kebanyakan orang serta lahir dari pengalaman baik seorang operator dan musisi (pencipta lagu).

  Untuk itu, teman – teman yang sedang belajar merekam musik tahap awal juga perlu memahami bahwa; salah satu syarat agar produk sebuah lagu menarik adalah pengaturan suara yang variatif namun sesuai (tidak rancu). Pengaturan suara tersebut dapat berupa mensetting stereo pada track dalam sebuah softwere rekaman, yakni suara kiri (R) dan kanan (L). Ini sangat penting untuk kepentingan kualitas musik yang dihasilkan. Salah satu softwere rekaman tersebut adalah Nuendo 4.

  Maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana tentang “Mengatur Track Rekaman Di Nuendo 4 Agar Stereo”, tapi teman – teman yang mempunyai softwere Cubase pun tidak perlu khawatir. Sebenarnya setiap seri softwere Nuendo ataupun Cubase kebanyakan sama dalam hal mengoperasikan setting stereo pada track rekam atau track kerja. Hanya saja di sini saya lebih mengkhususkan pada Nuendo 4 sesuai dengan softwere rekaman yang saya punya.

Langkah – langkah : 
1.      Buka Nuendo 4.


2. Buka project dari sebuah materi musik yang teman - teman punya. Kalau belum tahu caranya ; File --> Open Project. Akan muncul tampilan seperti ini.



         3. Klik tombol "S" pada track yang ingin disetting. Ini berguna agar suara yang didengarkan hanya pada track tersebut saja, dimaksudkan untuk mempermudah proses setting pannel L-Rnya. Lihat gambar.




4.   Klik Show Automation. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.



      5. Kemudian pilih Standard Panner-Pann Left-Right pada menu sperti pada gambar berikut.



6.   Gunakan pilihan kursor Line yang terdapat di atas lembar kerja.



7.   Tarik kursor hingga membentuk garis melintang sebagai berikut.



Setelah selesai tekan play (spasi) untuk memutar hasil pekerjaanmu. Jika kurang sesuai, teman-teman bisa "tarik-menarik kursor" lagi atau bereksplorasi  untuk menghasilkan suara yang sesuai dengan selera teman-teman. Selamt berkarya. alam musik. Berikut ini adalah bahasan dan link download lagu saya, silahkan klik gambar dibawah ini, beri review, komentar dan masukan.

Share this article :

Follow this Blog



 
Support : Daniar Murdi(kotoran om dan)
Copyright © 2013. Menara Hitam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Menara Hitam
Proudly powered by Blogger