Home » » Strategi Tiga Tingkat (Three - Level Guide) - Strategi Pembelajaran

Strategi Tiga Tingkat (Three - Level Guide) - Strategi Pembelajaran

Written By sanggarsejarah on Selasa, 02 Juli 2013 | 04.52



STRATEGI TIGA TINGKAT  
(Terjemahan)






Tigat tingkat - panduan membaca adalah bagian dari pengajaran, fungsi dari pendekatan membaca ini secara langsung diperkenalkan oleh Harold Herber (1970) sebagai sarana yang paling berguna untuk mengajarkan membaca. Strategi pembelajaran dan pendekatan Herber ini  termasuk di dalamnya adalah pengorganisasian grafis, panduan reaksi, ikhtisar terstruktur dan lainnya, tiga tingkat panduan ini (1970, 1978) - telah sangat populer sejak pertama kali diperkenalkan Herber.

Panduan tiga tingkat adalah hasil langsung dari tiga tingkat pemahaman-literal, interpretatif, dan terapan- Bahwa Herber mengidentifikasi hal yang  telah dibahas pada Bab 4. Herber (1978) menekankan bahwa maksud dari panduan ini adalah, pertama untuk mempertahankan fokus pada subyek di kelas saat pengajaran membaca dan strategi belajar, seperti yang diperlukan untuk belajar konten, kedua untuk "menunjukkan kepada siswa bagaimana melakukan hal itu dan mereka diminta untuk melakukanya "(1978, hal 6.), dan terakhir, untuk memberikan struktur yang akan membantu siswa sebelum, selama, dan setelah membaca.

Tiga Tingkat Panduan Membaca, digunakan Herber (1978), dimaksudkan untuk menyediakan struktur dan stimulus belajar individual dalam konteks kelompok kecil diskusi dan eksplorasi terkait dengan teks tertulis. Setiap bagian dari pembelajaran panduan memungkinkan siswa untuk membaca dan menanggapi teks, mendukung respon mereka melalui kombinasi pengalaman sebelumnya dan informasi yang ada di dalam teks, serta membandingkan tanggapan mereka dengan anggota-anggota dari kelompoknya yang lain. Secara khusus, tiga - tingkat panduan pelajaran berlangsung sebagai berikut:

Bagian I (pemahaman literal)
  1. Siswa secara individual membaca petunjuk tertulis dan pernyataan pada Bagian I dari panduan  tiga tingkat.
  2.  Siswa ditugaskan membaca keseluruhan bagian dari sebuah teks.
  3. Siswa membaca ulang pernyataan di Bagian I, menandai bagian-bagian dari teks sebagai kunci dan memutuskan bagian teks mana yang mendukung menjadi pilihan mereka.
  4. Dengan kelompok-kelompok kecil, siswa bertemu untuk mengidentifikasi, mendukung, membandingkan, berdebat, dan mendiskusikan respon setiap individu untuk pernyataan Bagian I.

Bagian II (pemahaman interpretatif)
  1. Siswa secara individual membaca dan menanggapi pernyataan Part II.
  2. Kelompok-kelompok kecil siswa bertemu untuk mengidentifikasi, mendukung, membandingkan, berdebat, dan mendiskusikan tanggapan ini.

Bagian III (Pemahaman Terapan)
  1. Siswa secara individual membaca dan menanggapi pernyataan Bagian III.
  2. Kelompok-kelompok kecil siswa bertemu untuk mengidentifikasi, mendukung, membandingkan, berdebat, dan mendiskusikan tanggapan ini.
  3. Guru memimpin seluruh diskusi siswa secara singkat di kelas untuk berbagi pertukaran ide dalam setiap kelompok, untuk meringkas wawasan yang didapat dari siswa ketika telah membaca, dan / atau menjelaskan,  menguraikan ide dari hasil membaca dan dari diskusi kelompok kecil.
  4. Guru memberi tugas untuk pengayaan informasi, sebagai lanjutan dari pelajaran, atau memperkuat ide pelajaran/ keterampilan.
Share this article :

Follow this Blog



 
Support : Daniar Murdi(kotoran om dan)
Copyright © 2013. Menara Hitam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Menara Hitam
Proudly powered by Blogger