Home » » Pengertian Dan Prinsip Penilaian Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Pengertian Dan Prinsip Penilaian Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Written By sanggarsejarah on Senin, 01 Juli 2013 | 02.26



 Pengertian Dan Prinsip Penilaian Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



1.      Pengertian Penilaian

Menurut Maman Suryaman dalam bukunya “Metodologi Pembelajaran Bahasa” (2012:153), “Penilaian merupakan suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar siswa”, sehingga kami mengembangkan pengertian lain bahwa penilaian (assesment ) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa.

Sugito (Santosa, 2003) mengkategorikan penilaian bahasa Indonesia  menjadi dua, yakni penilaian bahasa lisan dan tertulis. Penilaian pembelajaran keterampilan berbahasa lisan, meliputi penilaian menyimak dan berbicara, sementara penilaian keterampilan berbahasa tulis meliputi penilaian keterampilan membaca dan menulis. Pengertian penilaian pembelajaran bahasa sendiri menurut Suryaman (2012: 153) adalah proses untuk mendapatkan informasi, mempertimbangkanya, serta memutuskanya mengenai prestasi atau kinerja siswa di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Dari sumber di atas maka kami menyimpulkan  penilaian pembelajaran bahasa Indonesia merupakan proses mendapatkan informasi untuk mengukur hasil pembelajaran empat keterampilan berbahasa siswa serta evaluatif  bagi guru sebagai tolak ukur dalam keberhasilanya mengajar.

2.      Tujuan Penilaian
a)      Untuk mengetahui tujuan-tujuan pembelajaran berbahasa dan bersastra Indonesia yang telah ditetapkan dari segi ketercapaianya.
b)      Untuk memberikan gambaran yang objektif atas pengamatan berbahasa dan bersastra serta berbuat dengan bahasa dan sastra yang dilakukan siswa.
c)      Untuk mengetahui kemampuan siswa di dalam SK-KD tertentu.
d)     Untuk menentukan kelayakan siswa dalam kemampuan berbahasadan bersastra.
e)      Untuk memberikan umpan balikbagi kegiatan berbahasa dan bersastrayang telah berlangsung.
f)       Untuk memberikan motivasi belajarpada siswa dan guru.

Namun penilaian tidak hanya dimaksudkan untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, tetapi juga untuk mengetahui apakah tujuan-tujuan tersebut penting bagi siswa dan bagaimana siswa mencapainya.

3.      Prinsip Penilaian
Menurut Suryaman (2012: 154-155) prinsip penilaian meliputi objektifitas dalam menilai hasil pembelajaran siswa, namun kenyataanya saat ini kebanyakan guru justru melihat siapa yang akan dinilai yang didasarkan pada banyak faktor sosial (subjektif),  sehingga prinsip-prinsip penilaian yang dikemukakan beberapa ahli yang seharusnya menjadi acuan guru mengalami penyimpangan dalam mengimplementasikanya.
Share this article :

Follow this Blog



 
Support : Daniar Murdi(kotoran om dan)
Copyright © 2013. Menara Hitam - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by Menara Hitam
Proudly powered by Blogger