STRATEGI TIGA
TINGKAT
(Terjemahan)
Tigat
tingkat -
panduan membaca
adalah bagian dari pengajaran, fungsi dari pendekatan membaca ini secara langsung diperkenalkan oleh Harold
Herber (1970) sebagai sarana yang paling berguna untuk mengajarkan membaca. Strategi
pembelajaran dan pendekatan Herber –ini termasuk di dalamnya adalah pengorganisasian grafis, panduan
reaksi, ikhtisar terstruktur dan lainnya, tiga tingkat panduan ini (1970, 1978) - telah sangat populer sejak pertama kali
diperkenalkan Herber.
Panduan tiga tingkat adalah hasil langsung dari tiga
tingkat pemahaman-literal, interpretatif, dan terapan- Bahwa Herber mengidentifikasi
hal yang telah dibahas pada Bab 4. Herber (1978) menekankan bahwa maksud
dari panduan ini adalah, pertama untuk mempertahankan fokus pada subyek di kelas saat pengajaran membaca dan strategi belajar, seperti yang diperlukan untuk
belajar konten, kedua untuk "menunjukkan kepada siswa bagaimana melakukan hal itu dan mereka diminta
untuk melakukanya "(1978,
hal 6.), dan terakhir, untuk
memberikan struktur yang akan membantu siswa sebelum, selama, dan setelah membaca.
Tiga
Tingkat –
Panduan Membaca, digunakan Herber (1978), dimaksudkan untuk menyediakan struktur
dan stimulus belajar individual dalam konteks kelompok kecil diskusi dan eksplorasi
terkait dengan teks tertulis. Setiap bagian dari pembelajaran panduan
memungkinkan siswa untuk membaca dan menanggapi teks, mendukung respon mereka melalui
kombinasi pengalaman sebelumnya dan informasi yang ada di dalam teks, serta membandingkan tanggapan
mereka dengan anggota-anggota dari
kelompoknya
yang lain. Secara khusus, tiga - tingkat panduan pelajaran berlangsung sebagai
berikut:
Bagian I (pemahaman literal)
- Siswa secara individual membaca petunjuk tertulis dan pernyataan pada Bagian I dari panduan tiga tingkat.
- Siswa ditugaskan membaca keseluruhan bagian dari sebuah teks.
- Siswa membaca ulang pernyataan di Bagian I, menandai bagian-bagian dari teks sebagai kunci dan memutuskan bagian teks mana yang mendukung menjadi pilihan mereka.
- Dengan kelompok-kelompok kecil, siswa bertemu untuk mengidentifikasi, mendukung, membandingkan, berdebat, dan mendiskusikan respon setiap individu untuk pernyataan Bagian I.
Bagian II
(pemahaman interpretatif)
- Siswa secara individual membaca dan menanggapi pernyataan Part II.
- Kelompok-kelompok kecil siswa bertemu untuk mengidentifikasi, mendukung, membandingkan, berdebat, dan mendiskusikan tanggapan ini.
Bagian III
(Pemahaman Terapan)
- Siswa secara individual membaca dan menanggapi pernyataan Bagian III.
- Kelompok-kelompok kecil siswa bertemu untuk mengidentifikasi, mendukung, membandingkan, berdebat, dan mendiskusikan tanggapan ini.
- Guru memimpin seluruh diskusi siswa secara singkat di kelas untuk berbagi pertukaran ide dalam setiap kelompok, untuk meringkas wawasan yang didapat dari siswa ketika telah membaca, dan / atau menjelaskan, menguraikan ide dari hasil membaca dan dari diskusi kelompok kecil.
- Guru memberi tugas untuk pengayaan informasi, sebagai lanjutan dari pelajaran, atau memperkuat ide pelajaran/ keterampilan.